Berawal Dari Hobi, Membuat Game Edukasi Sendiri




Om Swastyastu

Hobi..? hhemmm, bicara tentang hobi tak akan ada habisnya...

Hobi adalah kegiatan rekreasi yang dilakukan pada waktu luang untuk menenangkan pikiran seseorang. kata Hobi merupakan sebuah kata serapan dari Bahasa Inggris "Hobby" (sumber : Wikipedia https://id.wikipedia.org/wiki/Hobi)

Tujuan Hobi adalah untuk memenuhi  keinginan   dan   mendapatkan   kesenangan.   Hobi   adalah suatu   kegiatan   yang   disukai,   yang   tumbuh   otodidak   di dalam   diri   pribadi   kita   masing-masing.
Hobi   sangat berguna   sebagai   obat   kejenuhan   kita   dan   dapat menghibur   kita   dalam   kesedihan.   Selain   itu   hobi   juga dapat   membentuk   karakter   kita   masing-masing,   baik   dari karakter   emosi,   karakter   seni,   karakter   bentuk   tubuh, segala   karakter   pribadi   seseorang,   maupun   karakter dalam   hal  mengembangkan   imajinasi   kita.
Ada hobi nonton, menulis, traveling, otomotif, desain grafis, fotografi, kuliner/memasak, olahraga, pecinta batu, handycraft, kolektor, programing, kliping, bersepeda, fashion, bercoccok tanam, mancing, musik, melukis/menggambar, ngeblog, hewan peliharaan, rekam video, elektronik, komputer, bermain game dan lain sebagainya.

Sebuah hobi saat ini memang bukan hanya berguna untuk kegiatan senang-senang semata. Jika Anda mampu mengenali dan memahami secara mendalam hobi yang anda geluti, tentu hal ini akan membuat anda mampu menghasilkan pundi-pundi rupiah.
Saya sendiri menduga perkembangan teknologi merupakan jalan dan akses yang kemudian menjadikan beberapa hobi kini menjadi sebuah aktivitas yang mampu menghasilkan uang.


Berikut akan saya tulis beberapa hobi yang menghantarkan seseorang menggapai kesuksesannya.

1. Kisah Dewandra Sang Fotografer Sukses

http://marketeers.com/img/uploads/Media/DEwandra-Djelantik.jpgKisah Sukses Dewandra Djelantik dari Bidikan Lensa (Bisnis Photography)

 

Dari bìdikan lensanya, berlembar-lembar rupiah dan networking dengan agensi-agensì foto terkemuka pun mengalir dengan derasnya.

Dewandra Djelantik mengendalikan Bisnis Jasa Photography.
Orderan photoshoot berdering, aktivitas editing hingga perumusan konsep-konsep kreatif untuk project fotografinya pun mewarnai hari-hari Dewandra Djeiantik Photography.
Nama Dewandra sendiri mungkin belum terlalu familiar ditelinga orang awam, namun dimata para pencinta fotographi, model selebritis, expatriat di Bali, Dewandra Djelantik adalah salah satu fotografer paling berbakat yang pernah dimiliki Bali.
Namanya melejit di Dunia photography international lewat pameran dan publikasi foto-fotonya di beberapa Media kondang. Penelope Cruz, Tara Reid dan model-model tersohor dunia lainnya pun pernah ia abadikan dengan bidikan kameranya.
Pria Kelahiran 7 Desember 1977 ini sehari-harinya berkutat dengan berbagai kegiatan photoshoot untuk Fashion, Restoran, Hotel, produk, dan sebagainya.
Pangsa pasarnya yang membidik kalangan internasional membuat portofolio bisnis fotografi milik putra dari A.A Gede Sudewa Djelantik ini pun semakin kokoh dan menjanjikan.
Berawal dari sebuah hobi tanpa pendidikan formal tentang fotografi, alumni SMAN 1 Denpasar ini pun menekuni bidangnya secara otodidak dan terbukti berhasil Menguasai pasar fotografi kelas premium di Bali. Apa rahasianya?


2. Sepatu Merk Kloom milik Nadia Mutia Rahma

https://indonesiaproud.files.wordpress.com/2012/03/nadia-m-rahma-di-indonesiaproud-wordpress-com.jpgPerempuan Ini Sukses Bisnis Sepatu Berawal dari Hobi

Kloom Clogs khusus memproduksi sepatu dan sandal wanita. Sesuai namanya, sepatu ini terbuat dari kayu atau yang dikenal dengan sebutan kelompen atau kelom.
Produk sepatu kayunya sudah cukup dikenal. Selain di dalam negeri, ia juga memasarkan sepatunya hingga luar negeri. Dalam sebulan ia bisa menjual sekitar 400 pasang sepatu, dengan omzet mencapai Rp 120 juta.
Produksi sepatu itu dikerjakan di bengkel milik sendiri yang berlokasi di Yogyakarta dan Tangerang, Banten.




3. Zaky bukalapak.com

http://4.bp.blogspot.com/-Q7KguwnjNfo/VoLjdvOgnJI/AAAAAAAAF0M/e6boeb7YKbk/s1600/achmad%2Bzaky2.jpgBegini Kisah Zaky Membangun Bukalapak.com

Pria kelahiran Sragen, 24 Agustus 1986 ini memang gandrung akan dunia maya. Sejak masih duduk di sekolah menengah atas, pria berkacamata ini sudah akrab dengan komputer, khususnya software. Sudah tidak terhitung lagi berapa banyak program yang sudah ia ciptakan. Hobinya ini semakin berkembang saat mulai kuliah program studi informatika di Institut Teknologi Bandung pada 2004.

Tapi, Zaky juga orang yang ingin mandiri. Dia juga sadar bahwa kedua orang tuanya hanya guru di sebuah sekolah di Sragen.

Lantas dia menemukan sebuah gagasan. Terilhami dari kehidupan konsumtif masyarakat Indonesia, dia ingin menciptakan sesuatu yang bermanfaat bagi banyak orang. Dia mengaku kesal dengan aktivitas warga di dunia maya yang hanya bermain di sosial media. Jumlahnya pun tidak main-main: 50 juta per hari.

Ia mengaku tidak butuh modal besar untuk membangun perusahaan layanan online marketplace tersebut. Modalnya hanya biaya hidupnya, yang ia penuhi dari hasil proyek membuat program pesanan klien. Baru beberapa hari diluncurkan, animo masyarakat sudah terlihat. Singkatnya pada awal 2010, orang yang telah bergabung ke Bukalapak.com mencapai 10.000 pelaku UMKM.

Usahanya berkembang. Beberapa investor tiba-tiba datang menawarkan modal, seperti Softbank Corp dari Jepang dan Sequoia dari Amerika Serikat. Zaky sempat ingin menolak karena mengira investor Jepang ingin mengakuisisi start-up-nya. Tapi belakangan dia tahu bahwa investor hanya berniat memberi modal 15 persen dan pengelolaan tetap ada di tangan Zaky dan Nugroho.

Bahkan investor asal Jepang itu mengajak dia berangkat ke Jepang dan mengajarinya cari mengelola perusahaan e-commerce secara profesional. Ia pun diminta untuk melepas pekerjaan proyekan agar lebih bisa berkosentrasi mengelola Bukalapak.com. "Di sana (e-commerce) maju sekali. Banyak orang bertransaksi rutin setiap hari, miminimal seminggu sekali. Kita sebulan saja belum," ucap dia.

Pulang dari Jepang ia merekrut karyawan dan menyewa ruko di kawasan Jakarta Selatan. Dengan dikelola secara benar, beberapa bulan berikutnya trafik bisnisnya meningkat tajam. Tiap tahun pelaku UMKM yang bergabung meningkat puluhan kali lipat. Dalam lima tahun kenaikannya mencapai 100 kali lipat dengan total anggota mencapai 500.000 UMKM dari seluruh Indonesia.

Dia menghitung setiap hari ada 1 juta pengunjung di situsnya dengan nilai perputaran uang mencapai Rp 4-5 miliar per hari. Dia sangat senang bisa membantu masyarakat untuk meningkatkan taraf hidupnya. Apalagi animo masyarakat sangat baik menyambutnya (Avit Hidayat, tempo.co).



4. Brandon Fleisher Membuat Dunia Gempar


https://i.ytimg.com/vi/ei0RtmdPifQ/hqdefault.jpgCerita Orang-orang yang Berhasil Kaya Mendadak Karena Investasi


Masih berusia 17 tahun seorang remaja bernama Brandon Fleisher berhasil membuat media ekonomi dunia gempar. Bagaimana tidak? Apabila remaja lain seusianya masih senang menghabiskan waktu untuk nongkrong bersama teman-teman, chit-chat lewat social media dan sebagainya Brandon justru sudah bermain saham.
Bukan hanya bermain saham secara asal-asalan, Brandon memanfaatkan akses internet yang dia miliki, Brandon membuat sebuah situs bernama The Financial Bulls yang membantu para investor untuk mempelajari pergerakan pasar. Bahkan, dirinya juga membeli saham perusahaan iklan-mobile ternama-Inuvo.
Melalui kesadaran berinvestasinya tersebut,Brandon memiliki kekayaan sebesar US$ 147 ribu. Perlu diketahui, gaya berinvestasi Brandon cukup unik karena dia hanya membeli saham-saham yang tidak terkenal dan tidak pernah menahan saham tersebut dalam waktu lebih dari satu tahun.


5. Anton Soeharyo Developer Game Lokal

http://hitsss.com/wp-content/uploads/2016/05/anton-soeharyo.jpgKisah Anton Soeharyo Meraup Miliaran Dari Game Online


Game online punya banyak penggemar di Indonesia. Selain game asing, banyak juga game lokal karya anak muda Indonesia yang sukses di pasaran. Salah satu developer game lokal adalah Anton Soeharyo di Jakarta. Mengusung nama perusahaan Touchten, Anton sukses memproduksi 20 game dengan 10 juta orang pengguna.
Game buatannya di antaranya adalah Shushi Chain, Ramen Chain, Infinite Sky, Teka Teki Saku, Amazing Cupid, Train Legend, dan Fun Toilet Game.


Kisah sukses mereka semua dengan hobinya masing-masing membuat kita iri bukan? tentunya iri dalam arti ingin rasanya seperti mereka, bagaimana mereka bisa sukses dengan hobi mereka?


3 Konsep Sukses Berawal Dari Hobi

1. Dia Bekerja Menikmati
Faktor pertama orang sukses berawal karena dari hobi disebabkan ia menyukai dan menikmati pekerjaan yang ia lakukan, sehingga ketika apa yang ia cintai kemudian ia lakukan dengan sepenuh hati maka kesuksesan akan diraih.
2. Ada Kemauan
Ketika hobi dijadikan sebuah bisnis dan itu didorong oleh kemauan yang besar, maka hobi yang ada pada kita akan mendorong kita untuk menjadi sukses. Sudah banyak fakta orang sukses berawal dari hobi yang kemudian ada kemauan dalam membangun bisnis itu, seorang yang hobi memasak akan menjadi sukses memiliki rumah makan ketika diawali dengan kemauan menjadikan hobi menjadi bisnis.
3. Langsung Eksen
Kalau kita sudah menikmati, ada kemauan tinggal eksen saja lagi. Segera buat perencanaan, buat anggaran, susun strategi, lihat pasar dari hobi yang akan kita mulai, kalau ini kita lakukan hobi apapun itu maka kesuksesan sudah ditangan kita. Sebab bisnis itu berawal dari kecintaan kita terhadap sesuatu yakni hobi kita. Jika tiga konsep ini kita lakukan, maka penulis yakin kesuksesan ada ditangan kita. Man Jadda wa jadda, siapa yang bersungguh sungguh pasti akan mendapat. salam (***)
Copyright : kompasiana.com

Luar Biasa bukan???


BTW, bicara tentang hobi, dulu hobi saya olahraga, kemudian beralih ke musik, kemudian beralih menyukai komputer, internet dan game. Setelah saya mulai bekerja di dunia pendidikan yaitu sebagai guru, perlahan namun pasti hobi saya mulai berkurang seiring rutinitas pekerjaan yang setia menemani hidup saya setiap hari. Mengajar memang sangat menyenangkan, apalagi mengajar hingga peserta didik menjadi pintar.

Namun saya sangat sulit menemukan media pembelajaran yang menarik untuk peserta didik khususnya mata pelajaran yang saya ampu yaitu mata pelajaran Pendidikan Agama Hindu (SD). Berdasar dari hobi Komputer-Menjelajah Google-Game, maka saya mencoba membuat game edukasi yang saya pelajari dari menjelajah di dunia maya melalui google.com

Berawal dari hobi saya internetan, akhirnya saya mencoba membuat game edukasi berdasarkan jelajah di google tersebut. perlahan namun pasti akhirnya saya dapat membuat game edukasi melalui powerpoint yang saya kira cukup menarik untuk dinikmati oleh peserta didik.

Walaupun saya tidak sesukses mereka di atas, minimal saya sukses membahagiakan peserta didik saya.


Kali ini saya akan membagikan permainan/game buatan saya sendiri terebut, dimana game ini saya buat dengan cara belajar otodidak dengan bantuan google.com untuk mencari semua referensi tentang cara membuat aplikasi/permainan sederhana.

Permainan/game ini merupakan game yang sederhana yang bisa digunakan sebagai ice breaking atau bahkan untuk menguji peserta didik dengan materi terkait dengan cara yang menarik.
Game ini berjudul Tri Hita Karana, dimana di dalam game ini berisi pertanyaan-pertanyaan yang terkait dengan Materi Pendidikan Agama Hindu tentang Tri Hita Karana.
 

Silahkan di unduh di sini

Semoga permainan ini dapat bermanfaat. Kalau dirasa bermanfaat, silahkan juga dishare kepada sahabat lainnya.

Tidak lupa saran dan kritik yang membangun sangat saya harapkan.

https://1.bp.blogspot.com/-ZhFatOK6VJ0/V0bB7thFzaI/AAAAAAAAC3w/_5PtOIOksroQ4N3ixf7fo0tUF9l4rokJgCLcB/s1600/cekaja-blogger-contest-1.jpg

Ini adalah kontes menulis cekaja

Suksma.
Om, Santih, Santih, Santih, Om.


Sumber :
http://www.muradmaulana.com/2014/11/25-hobi-yang-bisa-anda-jadikan-bisnis.html
https://id.wikipedia.org/wiki/Hobi
http://kisahsukses.info/menghasilkan-kekayaan-melalui-hobi.html 
http://kisahsukses.info/kisah-sukses-dewandra-djelantik-dari-bidikan-lensa-bisnis-photography.html
http://banjarmasin.tribunnews.com/2015/01/18/perempuan-ini-sukses-bisnis-sepatu-berawal-dari-hobi

4 komentar

  1. Bisa buat game sendiri ? keren, otodidak pula, mantep deh pokonya. Kalau di Jakarta, setau saya kursus mobile apps kayak gini bayarnya 10 JT, waow banget kan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. yah baru belajar om, belajarnya pun sama mbah google, mohon koreksinya om ya, sebagai bahan pertimbangan.. Trims...

      Hapus
  2. Keren Pak... Lanjutkan kreativitasnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Suksma Pak Gusti, trims juga atas bimbingannya... Sukses selalu...

      Hapus

Orang Bijak Selalu Meninggalkan jejak
EmoticonEmoticon