Bulan Bahasa Bali Tahun 2020

Malarapan Bulan Bahasa Bali, Nyujur Atma Kerthih.



Bulan Bahasa Bali tahun 2020 resmi dibuka oleh Gubernur Bali, Wayan Koster yang ditandai dengam pemukulan “kulkul” di Gedung Ksirarnawa, Taman Budaya, Art Center, Denpasar, Sabtu (1/2). Menariknya, sebanyak 2.020 peserta dari unsur pelajar, mahasiswa, dan penyuluh bahasa Bali memeriahkan pembukaan Bulan Bahasa Bali dengan mengikuti Festival Nyurat Lontar Massal.


Logo Bulan Bahasa Bali 2020


Maskot Bulan Bahasa Bali 2020

Maskotnya adalah Manuk Dewata, yaitu burung yang akan mengantar atma ke surga.


Pemerintah Provinsi Bali menggelar rangkaian kegiatan Bulan Bahasa Bali 2020 mulai 1 sampai 27 Februari sebagai bagian dari implementasi Peraturan Gubernur Bali No.80 Tahun 2018 tentang Pelindungan dan Penggunaan Bahasa, Aksara, dan Sastra Bali serta Penyelenggaraan Bulan Bahasa Bali.

Selama Bulan Bahasa Bali 2020 juga akan ada 12 pagelaran seni sastra, antara lain dari SMAN 1 Denpasar, SMAN 2 Denpasar, SMAN 3 Denpasar, SMKN 3 Sukawati, SMAN 7 Denpasar, SMPN 1 Denpasar, IHDN Denpasar, Universitas Udayana, dan Unhi Denpasar.

Sebagaimana tahun sebelumnya, Bulan Bahasa Bali 2020 juga meliputi lomba untuk masyarakat umum dan perwakilan kabupaten/kota seperti lomba cipta cerpen dan puisi berbahasa Bali, lomba menggambar dan mewarnai, lomba musikalisasi puisi, lomba penulisan artikel berbahasa Bali, dan lomba pidarta basa Bali tingkat mahasiswa. Di samping itu ada lomba komik, poster, vlog, serta meme berbasis bahasa, aksara, dan sastra Bali.
Comments

Orang Bijak Selalu Meninggalkan jejak
EmoticonEmoticon